Senin, 26 Januari 2015

Perbedaan Komputer Jaman Dahulu Dengan Jaman Sekarang




1.Penyusun/Bahan

Gambar Tabung Vakum

Sedangkan zaman sekarang sudah menggunakan microchip sehingga menjadi kecil, dan penyimpanannya sudah menggunakan hardisk
Bahan - bahan yang digunakan komputer pada zaman dulu masih menggunakan bahan - bahan yang besar karena belum di temukannya microchip, karena zaman dulu masih menggunakan tabung vakum dan penyeminannya menggunakan tabung silinder magnetic.

2.Kegunaan

Gambar Microchip
Kegunaan komputer zaman dulu hanya digunakan untuk militer,untuk memecahkan kode - kode rahasia pada saat perang dunia. Sedangkan zaman sekarang digunakan untuk pekerjaan kantoran, sekolah, bisnis online bahkan untuk mengendalikan satelit dan robot.

3.Biaya

Zaman dulu karna bahan - bahan yang besar dan banyak jadi biaya pengeluarannya lebih banyak. Sedangkan zaman sekarang lebih murah karena sudah menggunakan microchip.

4.Daya

Zaman dulu karna bahanya yang besar jadi daya voltage lebih besar. Sedangkan zaman sekarang karna lebih kecil jadi tidak membutuhkan daya voltage yang besar sehingga bisa menggunakan battery.

5.Ketahanan

Ketahanan komputer pada zaman dulu lebih kuat karna digunakan untuk militer. Sedangkan zaman sekarang karna lebih kecil jadi lebih rentan kerusakan.

6.Sistem Operasi

Zaman dulu masih menggunakan DOS ( Disk Operating System ), jadi tidak ada gambar hanya tulisan saja. Sedangkan zaman sekarang sudah banyak sekali sistem operasi, contohnya : Windows,MacOS,dll.

7.Kecepatan

Zaman dulu kecepatan komputer lebih lambat karena banyak komponen yang tidak mendukung. Sedangkan zama sekarang sudah modern sehingga dapat lebih cepat karena sudah banyak komponen yang mendukung dan sudah dimutakhirkan.

8.Keamanan

Komputer zaman dulu lebih aman karna untuk menyimpan data dan untuk memecahkan kode militer, dan belum ditemukannya virus. Sedangkan zaman sekarang banyak sekali virus dan penjahat komputer seperti hacker,cracker,dsb walau begitu tetap lebih aman zaman sekarang.

9.Cara Dibuat

Zaman dulu pembuatannya masih menggukan tenaga manusia sehingga pembuatannya yang relatif lamban. Sedangkan zaman sekarang sudah menggunakan tenaga robot dan mesin yang lebih modern dan cangih.

10.Jenis Data Yang Diolah

Zaman dulu data yang diolah adalah bahasa mesin karena belum ditemukan bahasa program. Sedangkan zaman sekarang sudah menggunakan bahasa pemrograman.

11.Pengoprasian

Zaman dulu pengoprasiannya lebih dari 2 orang. Sedangkan zaman sekarang hanya menggunakan 1 orang saja.
Blogger Widgets

Tidak ada komentar:

Posting Komentar